Cara Mengatasi Kerutan Wajah di Usia 50 Tahun

Cara Mengatasi Kerutan Wajah di Usia 50 Tahun – Semua wanita akan mengalami perubahan dalam tubuhnya setelah mendekati usia 50 tahun. Mulai uban yang semakin bertumbuhan dan kulit yang semakin kendur dan dihiasi kerutan di sudut-sudutnya. Proses penuaan ini tidak terhindarkan, terjadi pada semua orang. Yang bisa kita lakukan hanyalah mengubah beberapa pola hidup dan produk-produk skin care, disesuaikan dengan kondisi kulit yang ada. Kulit akan kehilangan daya elastisitasnya lewat proses penuaan. Hal ini terjadi karena produksi kolagen menurun dari ke waktu, semakin sedikit ketika kita sudah melewati 50 tahun.

Nah proses alami ini akan semakin bertambah parah lajunya jika kita terpapar berbagai faktor seperti paparan sinar matahari berlebih, polusi, dan beberapa kebiasaan buruk yang kita lakukan hari demi hari. Cara meminimalkan kerutan Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerutan bertambah semakin parah. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan:

1. Lindungi kulit dari sinar matahari
Pemakaian sunscreen bisa menjaga kulit dari kering dan keriput. Paparan sinar matahari bisa merusak kulit, membuat kulit kering dan gampang berkeriput. Berdasarkan penelitian tahun 2013, pemaikan tabir surya rutin bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan mencegah penuaan dini. Jadi memasuki usia 50 tahun, jangan pernah lupa mengoleskan sunscreen ketika Anda hendak beraktivitas di luar rumah. Sebisa mungkin juga hindari beraktivitas di bawah terik sinar matahari.

2. Tidur telentang Posisi tidur mempengaruhi kondisi kulit wajah Anda.
Ketika Anda sering tidur tengkurap, wajah akan menempel ke bantal. Tekanan ini akan membuat kulit wajah tersiksa sehingga mudah berkerut. Jadi menjelang usia 50 tahun, ubah gaya tidur Anda. Tidurlah dengan posisi telentang agar kulit wajah bisa bernapas lega.

3. Gunakan pelembab
Pelembab bisa mencegah keriput datang lebih dini. Memberi pelembab sama saja dengan memberi minum kulit Anda. Ketika kulit cukup minum, maka kulit tak akan menderita dehidrasi. Gunakan pelembab yang mengandung hyaluronic acid dan juga vitamin C yang bagus untuk mempertahankan kelembaban kulit di usia senja. Kedua senyawa ini bisa mencegah kerutan timbul makin jelas.

4. Jauhi asap rokok
Asap bakaran tembakau bisa merusak kolagen dan elastin, yaitu senyawa serat yang bisa membuat kulit Anda selalu sehat dan kenyal. Selain itu, asap rokok juga bisa membuat pembuluh darah mengkerut dan membuat aliran darah ke kulit menjadi tersendat. Efeknya, kulit jadi kekurangan oksigen dan tidak bisa mempertahankan kesegarannya. Mengutip Mayo Clinic, panas dari asap rokok juga bisa menyebabkan lahirnya keriput pada wajah juga tangan. Terutama, adalah kulit di sekitar mulut yang digunakan menghisap rokok. Baca juga: Gejala Katarak yang Mulai Muncul di Usia 40 Tahun

5. Kendurkan wajah
Berbagai ekspresi mulai dari memicingkan mata, marah, dan frustasi membuat otot wajah menegang. Hal ini bisa menarik otot-otot wajah sehingga kulit wajah rawan berkerut. Ketika Anda menyadari wajah Anda selalu bersungut-sungut, segera cari penyebab dan solusinya. Bisa saja Anda tengah terdampak stres yang menahun. Jika stres bisa diatasi, maka raut wajah akan kembali ke posisi normal dan kerutan tidak akan mudah menyerang.

6. Gunakan humidifier
Udara di dalam rumah sering panas dan kering, imbasnya kulit akan ikut kering dan keriput merajalela. Karena itu, lembabkan udara di dalam rumah Anda dengan humidifier. Dilansir dari WebMD, pemakaian humidifier yang diikuti dengan pemakaian pelembab pada wajah bisa membuat kulit kering menjadi lebih kenyal dan bernutrisi.

Selain enam langkah di atas, konsumsi pula makanan-makanan yang kaya vitamin seperti buah dan sayuran. Karena pada sebuah studi yang dilakukan tahun 2019 dan diikuti oleh 2700 sukarelawan, wanita yang gemar mengonsumsi daging merah dan junkfood memiliki kerutan lebih banyak dari wanita yang gemar mengonsumsi buah dan sayur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *