Jangan Bunuh Cicak, Ini 4 Bahan Alami untuk Mengusirnya

Jangan Bunuh Cicak, Ini 4 Bahan Alami untuk Mengusirnya – Cicak memang bisa membantu manusia mengurangi populasi nyamuk juga serangga kecil-kecil yang sangat mengganggu dan mengotori lantai rumah. Namun sayangnya, banyak orang yang masih jijik melihat cicak. Terlebih, kotoran cicak pun sering berjatuhan di sembarang tempat. Baik di lantai, maupun di kepala kita. Jika Anda tidak begitu menyukai keberadaan cicak di dalam rumah, tidak perlu membunuh cicak. Usir saja cicak dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di dalam rumah kita. Biarkan cicak berada di luar rumah dan membantu Anda membersihkan serangga, nyamuk dan laron yang menyerang lampu di teras rumah Anda.

Cara alami untuk mengusir cicak Dilansir dari India Today, berikut ini cara-cara alami yang terbukti efektif mengusir cicak:

1. Gunakan bawang putih atau bawang merah
Aroma bawang putih bisa digunakan mengusir cicak. Kupas bawang putih dan bawang merah dan tempatkan di sudut-sudut rumah yang sering digunakan cicak untuk bersembunyi. Seperti di belakang lemari, di atas lemari, atau di dekat ventilasi rumah. Anda bisa pula menggantungkan bawang di jeruji kipas angin dan mengarahkan kipas angin ke dinding untuk menyebarkan aroma bawang di area yang banyak dilewati cicak. Cicak tidak menyukai aroma menyengat dari bawang, dan biasanya akan langsung menjauh pergi.

2. Gunakan kapur barus Aroma dari kapur barus juga sangat dibenci cicak.
Jadi untuk mengurangi populasi cicak, letakkan kapur barus di atas lemari atau perabotan-perabotan rumah yang sering didominasi cicak.

3. Gunakan cangkang telur
Letakkan cangkang telur di atas lemari untuk mengusir cicak. Selain kapur barus dan bawang, cicak juga tidak begitu menyukai aroma khas yang keluar dari cangkang telur. Aroma mineral bercampur amis telur akan mengusir cicak jika Anda meletakkan cangkang telur di tempat-tempat yang sering dilewati cicak.

4. Gunakan larutan merica
Larutan merica sedikit melukai cicak, menyebabkan sensasi panas di kulit cicak. Namun, larutan ini sangat efektif membuat cicak berlari menjauh. Cara membuat larutan ini mudah. Tumbuk lada atau merica, kemudian campurkan dengan air dan masukkan ke botol semprot. Jika Anda tidak ingin melukai cicak, cukup semprotkan larutan ini di dinding dan atap rumah yang sering dilalui cicak. Selain empat bahan alami di atas, ada baiknya Anda juga menjaga rumah tetap bersih agar cicak tak berdatangan. Cicak tertarik dengan remah-remah makanan yang berjatuhan di segala tempat di dalam rumah Anda. Jadi agar populasi cicak berkurang, bersihkan residu makanan dan jangan membuka makanan di ruang terbuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *