Lawan Pertama Indonesia Diperkuat Juara All England dan Juara Eropa di Pertandingan Sudirman Cup 2021

Lawan Pertama Indonesia Diperkuat Juara All England dan Juara Eropa di Pertandingan Sudirman Cup 2021 – Pasangan ganda putra juara All England 2016, Vladimir Ivanov/Ivan Sozono, menjadi andalan Rusia untuk mencuri poin saat menghadapi Indonesia pada pertandingan pertama Sudirman Cup 2021. Indonesia memang lebih diunggulkan pada pertandingan pertama mereka Sudirman Cup 2021. Namun, Rusia yang menjadi lawan tidak bisa diremehkan. Tim Indonesia akan melakoni pertandingan pertama mereka pada kejuaraan dunia beregu Sudirman Cup 2021.

Tergabung di Grup C, Indonesia akan menghadapi Rusia, secara resmi menggunakan nama NFBR (Federasi Bulu Tangkis Nasional Rusia), pada pertandingan pertama. Di atas kertas, Indonesia lebih diunggulkan untuk memetik kemenangan. Soal kedalaman skuad Rusia juga tidak semewah Indonesia yang memiliki pemain-pemain papan atas hampir di semua sektor. Kekuatan terbesar Rusia datang dari sektor ganda putra melalui pasangan peringkat 14 dunia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov. Ivanov/Sozonov sudah mondar-mandir tampil di turnamen level teratas dengan prestasi tertinggi menjadi juara All England Open pada 2016.

Beruntung bagi Indonesia, skuad Garuda juga memiliki kekuatan tidak kalah besar di sektor yang sama. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan masih belum berhasil dikalahkan Ivanov/Sozonov dalam total 12 pertandingan. Satu-satunya kemenangan dicetak Ivanov/Sozonov atas pasangan ketiga Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Namun, pasangan Rusia masih kalah dalam rekor pertemuan dari Fajar/Rian dengan 1 kemenangan dan 2 kekalahan dalam turnamen internasional.

Sisanya, kekuatan pemain Rusia menjadi misteri bagi tim Indonesia karena minimnya catatan pertemuan. Satu sektor yang barangkali perlu diwaspadai adalah ganda campuran. Rodion Alimov/Alina Davletova yang menjadi andalan utama Rusia mencetak hasil bagus dengan menjadi kampiun pada Kejuaraan Eropa tahun ini. Alimov/Davletova akan menghadirkan tantangan tersendiri bagi Indonesia. Hanya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang pernah menghadapi Alimov/Davletov. Pada perempat final India Open 2019 Praveen/Melati dipaksa bermain tiga gim untuk mengalahkan Alimov/Davletova.

Pemain tunggal putri Negeri Beruang Putih, Evgeniya Kosetskaya, juga tidak dapat dianggap enteng bagi para srikandi tanah air yang diperkuat deretan pemain muda. Kosetskaya tampil oke pada tahun ini, dengan mencuri satu kemenangan pada BWF World Tour Finals dan Olimpiade. Indonesia tidak boleh lengah jika tidak ingin bernasib sama seperti Jepang yang hampir dikejutkan oleh Rusia pada pertandingan pembuka Sudirman Cup 2019. Rusia sempat unggul 2-1 atas Jepang setelah Malkov mengalahkan Kenta Nishimoto dan Ivanov/Sozonov menaklukkan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Manajer Tim Indonesia, Eddy Prayitno, mengingatkan pentingnya kemenangan pada pertandingan pertama. “Pertandingan pertama dalam kejuaraan beregu itu sangat penting dan menentukan langkah selanjutnya,” kata Eddy Prayitno. “Oleh karena itu, Indonesia akan menampilkan kekuatan terkuat saat menghadapi Rusia (ROC).””Kemenangan akan memiliki dampak psikologis bagi tim untuk pertandingan selanjutnya,” kata Eddy lagi. Pertandingan Indonesia vs NFBR pada Sudirman Cup 2021 akan berlangsung pada Minggu (26/9/2021) pukul 20.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *