Barcelona Merana, Ini Nama 5 Calon Pengganti Ronald Koeman

Barcelona Merana, Ini Nama 5 Calon Pengganti Ronald Koeman – Masa depan Ronald Koeman kembali disorot setelah Barcelona hanya bermain imbang 1-1 melawan Granada pada pertandingan minggu kelima La Liga, Selasa (21/9/2021) dini hari WIB. Petinggi Barca dikabarkan mulai hilang kesabaran dan berniat mencari pengganti pelatih asal Belanda itu. Tambahan satu poin membuat Barcelona tetap berada di urutan tujuh klasemen sementara La Liga dengan nilai delapan. Mereka tertinggal lima poin dari Real Madrid yang menempati posisi teratas.

Hasil tersebut juga memperpanjang catatan kurang oke Barcelona pada awal musim ini. Dari lima pertandingan yang sudah dijalani di seluruh pertandingan. Barca meraih dua kemenangan, dua hasil imbang, dan sekali kalah. Pada pertandingan melawan Granada tersebut Blaugrana melepaskan banyak umpan silang ke kotak penalti, tepatnya 54 kali. Taktik itu sangat berlawanan dengan tradisi permainan ala Barca. Penggemar menganggap Barca asuhan Koeman berbeda jauh dengan era tiki-taka yang identik dengan klub tersebut, dan menghasilkan banyak gelar bergengsi.

Barcelona langsung mendapat kejutan pada menit-menit awal pertandingan. Umpan lambung Sergio Escudero dari sisi kiri mampu dikonversikan Domingos Duarte menjadi gol dengan sundulan. Tertinggal lebih dulu, Barcelona meningkatkan intensitas serangan. Barca tercatat menorehkan 77 persen penguasaan bola, berbanding 23 persen milik Granada. Meski tampil dominan, Blaugrana kerepotan menembus rapatnya barisan belakang Granada. Alhasil, hingga memasuki menit-menit akhir, Barcelona masih tertinggal 0-1.

Masuk menit ke-90, Ronald Araujo berhasil mencetak gol sekaligus menyelamatkan Barcelona dari kekalahan. Umpan lambung Gavi mampu dikonversikan Araujo menjadi gol dengan sundulan. Hingga pertandingan berakhir, skor 1-1 tetap bertahan. Jika Ronald Koeman harus angkat kaki lebih awal, siapa yang akan menjadi penggantinya di Barcelona? Petinggi Barcelona sudah kehilangan kesabaran dan memandang Ronald Koeman tidak cukup baik untuk Barca. Namun, dewan klub dikabarkan belum bersepakat dengan kandidat yang akan dipilih. Sejauh ini ada lima nama yang mencuat. Mereka adalah Xavi, Andrea Pirlo, Antonio Conte, Phillip Cocu, dan Joachim Low.

Xavi adalah legenda Barca dan saat ini menangani klub Qatar, Al Sadd. Dia sering disebut-sebut sebagai calon pelatih di Camp Nou, dan menarik perhatian di Timur Tengah dengan gaya permainan yang ekspansif. Barca pernah mendekati Xavi, tetapi sang pelatih merasa belum siap mengambil pekerjaan itu. Empat manajer lainnya dalam daftar saat itu sedang tidak bekerja setelah meninggalkan posisi mereka sebelumnya. Juventus memecat Pirlo pada Mei, sementara Conte hengkang dari Inter Milan setelah memenangkan Serie A.

Cocu adalah mantan pemain Barca lainnya dan terakhir bekerja dengan tim Championship Derby County pada 2020. Low belum pernah melatih di level klub dalam 17 tahun setelah menangani tim nasional Jerman, termasuk memenangkan Piala Dunia 2014. Sebelumnya, Ronald Koeman mengakui Barcelona saat ini berbeda dengan era tiki-taka. Meski begitu, pelatih asal Belanda itu percaya Barca akan bangkit dan kembali meraih kemenangan. “Lihat daftar skuad kami. Kami melakukan apa yang kami bisa.

Kami tidak memiliki pemain dari zaman tiki-taka. Kami harus bermain dengan gaya kami sendiri,” kata Koeman. “Saya menilai kami melakukannya dengan baik, dan dengan beberapa waktu lagi, kami bisa menang. Sistem dasarnya adalah 4-3-3 pada babak pertama, kemudian saya harus melakukan perubahan berdasarkan apa yang saya miliki di bangku cadangan,” lanjutnya, “Ini bukan Barcelona delapan tahun lalu. Begitulah adanya. Dengan Ansu (Fati) dan (Ousmane) Dembele itu berbeda karena kami memiliki kedalaman yang lebih,” kata Ronald Koeman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *