Cara Memutihkan Gigi di Rumah, Mudah dan Praktis

Cara Memutihkan Gigi di Rumah, Mudah dan Praktis – Berbagai residu makanan dan minuman bisa mengubah warna email gigi yang aslinya putih bersih menjadi kekuningan. Seperti kopi dan teh misalnya, yang bisa membuat gigi menguning dari hari ke hari. Awalnya memang tidak terlihat, namun kebiasaan menyesap kafein yang dilakukan bertahun-tahun akhirnya akan membuat gigi terlihat menguning hingga kecoklatan. Belum lagi kelalaian dalam menyikat gigi yang tidak maksimal, juga bisa membuat residu makanan menempel. Dari waktu ke waktu, residu makanan ini akan mengendap membentuk plak dan mengotori lapisan email. Selain kafein dan proses pembersihan gigi yang tak maksimal, pengonsumsian obat-obatan tertentu juga bisa membuat gigi menguning. Untuk memutihkan gigi, ada banyak metode yang bisa Anda pilih. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Terapi minyak
Terapi minyak untuk memutihkan gigi ini adalah metode terapi yang berasal dari India yang dilakukan untuk membersihkan rongga mulut dan mengusir racun dari tubuh. Minyak yang digunakan tentu saja minyak yang aman terkonsumsi, seperti minyak wijen, minyak kelapa dan minyak biji bunga matahari. Cara pengaplikasiannya cukup mudah. Ambil sesendok minyak dan gunakan lah untuk berkumur-kumur pelan selama 20 hingga 30 menit. Kandungan minyak, seperti asam laurat pada minyak kelapa, bisa digunakan untuk membunuh bakteri dan mengurangi peradangan. Ketika bakteri mati, maka plak akan lebih mudah terlepas. Sehingga permukaan gigi akan memutih dari waktu ke waktu. Karena tak menyebabkan kandungan asam meninggi, maka terapi ini bisa dilakukan rutin setiap hari.

2. Berkumur dengan baking soda
Baking soda memiliki bahan pemutih alami yang aman untuk tubuh. Itulah sebabnya baking soda banyak digunakan oleh berbagai produsen pasta gigi. Kandungan dalam baking soda bersifat abrasif, yaitu menggosok dan melepaskan kerak atau plak yang menempel pada gigi. Selain itu, baking soda juga bisa menciptakan lingkungan basa dalam mulut yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri. Meski tidak bisa memutihkan gigi dalam satu malam, namun sebuah studi klinis menyebutkan bahwa pasta gigi dengan baking soda lebih bisa memutihkan gigi yang kuning dibanding pasta gigi yang tidak menggunakan baking soda. Untuk melakukan terapi ini, campur satu sendok baking soda dengan segelas air. Kemudian gunakan air untuk berkumur-kumur selama beberapa menit. Untuk hasil maksimal, lakukan terapi ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

3. Makan apel dan sayuran
Memperbanyak konsumsi buah dan sayur tidak hanya menyehatkan organ dalam saja namun juga bisa memutihkan gigi yang menguning. Caranya sangat mudah, cukup kunyah buah dan sayur mentah berlama-lama menggunakan gigi Anda. Teksturnya yang renyah, bisa membuat plak dalam gigi terlepas perlahan-lahan. Dari sekian varian buah yang ada, stroberi dan nanas adalah buah yang diklaim paling bisa memutihkan gigi dalam mulut Anda. Jika ingin memutihkan gigi dengan stroberi, lumatkan stroberi segar dan campurkan dengan sesendok baking soda, kemudian gunakan campurannya untuk menggosok gigi Anda. Asam malik pada stroberi bisa memutihkan gigi dan baking soda bisa menghilangkan kerak yang menempel.

Ketiga ritual di atas relatif efektif dan aman digunakan untuk memutihkan gigi yang sudah mulai menguning kecoklatan. Anda harus berhati-hati menggunakan produk pemutih pabrikan jika Anda memiliki gigi sensitif, masalah serius pada gigi, plak yang sangat gelap dan menghitam, atau gigi yang sudah kehilangan mahkota. Jika memiliki keluhan seperti ini, segera lakukan konsultasi ke spesialis gigi untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *