Cara Membuat Scrub dan Masker Wajah dari Bubuk Kopi

Cara Membuat Scrub dan Masker Wajah dari Bubuk Kopi – Kopi tidak hanya terkenal sebagai minuman favorit masyarakat dunia. Di dunia kecantikan pun, ternyata kopi cukup tenar. Bubuk kopi dipercaya memiliki banyak nutrisi penting yang bisa menyehatkan kulit juga rambut. Di dunia skin care, kopi adalah bahan scrub dan masker ampuh yang bisa menyehatkan kulit, mengembalikan kondisi kulit yang rusak akibat terpapar radikal bebas. Dilansir dari Healthline, kopi mengandung antioksidan tinggi yang bisa meremajakan sel-sel kulit yang sudah mati karena penuaan atau paparan zat-zat kimia.

Selain itu, kopi juga mengandung vitamin B3 atau niacin, yaitu nutrisi yang bisa melindungi kulit dari bahaya kanker sekaligus mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru. Melihat banyaknya komponen istimewa dalam sejumput bubuk kopi, tidak ada salahnya jika mulai sekarang Anda menyisihkan sedikit bubuk kopi sebagai bahan perawatan kulit Anda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi untuk memelihara kesehatan kulit, berikut cara membuat scrub dan masker wajah dari kopi:

1. Mengurangi lingkaran hitam pada mata
Lingkaran hitam yang mengelilingi mata adalah gangguan kulit yang membuat Anda memiliki julukan si mata panda. Gangguan ini bisa timbul karena paparan produk kosmetik atau karena pola hidup yang salah yang membuat Anda sering terjaga di tengah malam. Untuk menghilangkan mata panda, Anda bisa menyerahkan pada keampuhan bubuk kopi. Serbuk kopi dipercaya bisa melebarkan pembuluh darah yang menyempit di sekitar mata, yang membuat lingkaran hitam muncul di permukaan. Caranya adalah dengan membuat masker dari bubuk kopi. Yaitu mencampurkan satu sendok bubuk kopi dengan satu sendok kecil madu dan beberapa tetes vitamin E. Oleskan campuran ini di sekitar mata, tunggu 15 menit, dan bilas dengan air bersih.

2. Meredakan jerawat Kopi mengandung antibakteri dan anti peradangan.
Kedua kandungan ini sangat efektif digunakan untuk mencegah lahirnya jerawat atau untuk mengobati jerawat yang sangat membandel. Caranya, campurkan 3 sendok makan bubuk kopi, 2 sendok makan brown sugar dan 3 sendok makan minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran scrub tersebut ke wajah, biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Krim anti penuaan
Kopi juga bisa digunakan untuk mengurangi efek penuaan yang bisa menurunkan kesehatan kulit. Mengoleskan kopi ke kulit wajah secara rutin bisa mencegah timbulnya iritasi dan kemerahan akibat paparan sinar matahari dan mencegah lahirnya kerutan pada kulit lebih dini. Cara pengaplikasiannya, buatlah masker wajah yang terbuat dari bubuk kopi, bubuk cokelat, dan secangkir kecil susu segar. Aduk seluruh bahan hingga menjadi sebuah pasta, tambahkan ke dalamnya 2 sendok teh madu dan sari lemon. Kemudian oleskan merata pada wajah, diamkan selama 20 menit baru bilas dengan air bersih. Masker kopi ini bisa awet disimpan di dalam lemari pendingin selama tiga hari.

4. Membuat kulit glowing Siapa yang tidak ingin memiliki wajah yang bersinar-sinar cerah alias glowing? Untuk mendapatkan wajah yang sehat, Anda juga bisa menggunakan bubuk kopi yang mengandung vitamin B3 dan antioksidan. Caranya, campurkan 1/4 takaran cangkir kopi bubuk dengan tiga sendok makan gel lidah buaya. Oleskan campuran scrub yang ada ke seluruh wajah dan leher Anda, lakukan pemijatan pelan selama 10 menitan. Baru kemudian bilas hingga bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *