Cara Dapatkan Obat Gratis bagi Pasien Isoman khusus DKI Jakarta

Cara Dapatkan Obat Gratis bagi Pasien Isoman khusus DKI Jakarta – Beragam cara telah dilakukan pemerintah untuk mengurangi beban rumah sakit yang kewalahan akibat lonjakan kasus Covid-19. Seperti diketahui, Indonesia saat ini memiliki 343.101 kasus aktif Covid-19, tertinggi sejak awal pandemi. Kondisi ini menyebabkan banyak tempat tidur rumah sakit penuh dan tidak lagi bisa menampung pasien. Untuk mengatasi masalah itu, pemerintah menyediakan layanan konsultasi dan obat gratis bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. “Semua ini diberikan secara gratis sebagai kontribusi dari 11 platform telemedicine dan obat-obatannya dilakukan juga dari Kementerian kesehatan. Semuanya akan dilakukan berbasis digital,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (5/7/2021). Namun, layanan ini sementara hanya bisa dinikmati di wilayah DKI Jakarta. Berikut cara mendapatkan obat gratis bagi pasien Covid-19 isoman:

1. Pasien melakukan tes PCR/swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan. Jika hasil tesnya positif Covid-19 dan laboratorium melaporkan hasilnya ke database di Kemenkes, maka pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes (dengan centang hijau) secara otomatis.

2. Pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu 11 platform layanan telemedicine secara gratis dengan klik link yang terdapat dalam pesan WA dari Kemenkes dan masukkan kode voucher di aplikasi yang dipilih.

3. Lakukan konsultasi secara daring. Dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis.

4. Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien harus mengirim pesan WhatsApp ke salah satu gerai apotek Kimia Farma.

5. Pasien harus mengirimkan resep digital yang dikeluarkan dari platform telemedicine, KTP, dan alamat pengiriman ke nomor WhatsApp Kimia Farma yang dituju.

6. Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kemenkes sesuai ketentuan.

7. Kemenkes bekerja sama dengan jasa pengiriman SICEPAT untuk mengambil obat dan/vitamin dari apotek Kimia Farma serta mengirimkannya ke alamat pasien.

Sebagai catatan, hanya pasien dengan nomor terdaftar di database Kemenkes serta memiliki kasus aktif yang berhak mendapatkan obat dan vitamin. Berikut nomor WhatsApp apotek Kimia Farma yang bisa dihubungi: Jakarta Timur: wa.me/628112223049 Jakarta Utara: wa.me/628112221832 Jakarta Pusat: wa.me/6287877241590 Jakarta Selatan: wa.me/62895324874355 Jakarta Barat: wa.me/6287877241405 Nantinya, pasien akan mendapatkan paket obat berupa: Multivitamin: C, D, E, ZINC- (untuk OTG) Multivitamin: C, D, E, ZINC-, Azitromisin 500mg, Oseltamivir 75mg, Parasetamol tab 500mg Sementara itu, 11 layanan telemidicine yang bisa dihubungi adalah Alodokter, Getwell, GoodDoctor, KlinikDokter, HaloDoc, KlinikGo, LinkSehat, Milvik, ProSehat, SehatQ, YesDok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *