Sisi Positif Game Online untuk Anak

Sisi Positif Game Online Untuk Anak – Bertahun-tahun, orang yang gemar bermain game alias gamer kerap mendapatkan stereotip sebagai orang yang tidak suka bersosialisasi. Tetapi, selama masa pandemi Covid-19 ini, game justru dijadikan sebagai alternatif untuk dapat berinteraksi. Dengan semakin berkembangnya game online, memungkinkan kita untuk memiliki percakapan yang menyenangkan tanpa harus bertatap muka. mungkin inilah waktunya untuk memperbarui gambaran kita tentang gamer dan menyadari bahwa video game dapat berfungsi dengan cara yang baik.

Apalagi, game online ternyata dapat membantu orang-orang untuk terlepas dari rasa kesepian yang bisa mengganggu kesehatan mental. Psikolog asal Belanda, Geert Verheijen sangat tertarik mempelajari game karena dia sendiri adalah seorang gamer. Sebelumnya, dia pernah melakukan penelitian tentang agresi dan kognisi yang berkaitan dengan game. Verheijen menghabiskan tiga tahun mempelajari perilaku bermain game dari sekitar 600 siswa kelas 7-10 dengan menggunakan kuesioner dan studi observasi langsung. “Saya tidak mempelajari pasien, tetapi hanya membaca rata-rata perilaku bermain game sehari-hari remaja,” katanya.

selama pandemi ketika interaksi sosial lebih sulit didapat.anak-anak yang bermain sendirian dalam jangka waktu yang lama memang merasa lebih kesepian. Sebaliknya, ketika mereka bermain secara interaktif dengan teman-teman yang terjadi adalah mereka bisa menghilangkan rasa kesepian. Game dapat memberikan cara bagi anak-anak dan orang dewasa untuk melakukan kontak dengan aspek-aspek penting dalam kehidupan nyata.”

“Misalnya, interaksi sosial, mempelajari keterampilan, mencapai tujuan, dan bersenang senang sambil tetap terkurung aman di ruang virtual,” lanjutnya. Bersosialisasi dalam permainan dapat menawarkan kemungkinan yang lebih emosional daripada bentuk interaksi jarak jauh lainnya. game bisa membawa para pemainnya ke “dunia bersama”, yang terpisah dari kecemasan akan pandemi, maupun realitas fisik lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *