YouTube Pamer Pesaing Spotify Maret Tahun Depan?

YouTube sedang mempersiapkan diri untuk meluncurkan layanan musik streaming pada Maret tahun depan, lapor Bloomberg.

Layanan musik streaming itu akan membantu YouTube bersaing dengan Spotify dan Apple Music.

Namun, strategi ini cukup aneh, mengingat YouTube telah memiliki aplikasi Music dan juga layanan berbayar bernama YouTube Red sementara Google sendiri juga memiliki toko musik digital dan layanan streaming.

The Next Web menyebutkan, kemungkinan, alasan YouTube meluncurkan layanan ini adalah untuk mendapatkan pemasukan baru. Dalam laporan Music in the Air, Goldman Sachs menyebutkan bahwa pasar musik streaming akan tumbuh sampai USD28 miliar (Rp380 triliun) per tahun pada 2030. Tentunya, YouTube ingin menjadi bagian dari industri yang sangat besar tersebut.

Satu kelebihan yang YouTube punya adalah mereka memiliki banyak konten video yang bisa dijaidkan pelengkap dari katalog musik mereka. Hal ini bisa membedakan layanan YouTube dari pesaingnya.

Secara internal, aplikasi streaming YouTube dinamai Remix. Aplikasi ini akan menampilkan video bersamaan dengan lagu. YouTube juga disebutkan akan meminta para musisi untuk mempromosikan Remix menjelang peluncurannya.

Satu hal yang pasti, YouTube harus bisa memberikan layanan yang baik dengan aplikasi yang bisa bersaing dengan pemain lama seperti Spotify. Selain itu, mereka juga harus menyelesaikan masalah lisensi dari label rekaman dan distributor untuk mengisi katalog lagu mereka.

The Verge menyebutkan, YouTube disebutkan sudah mendapatkan perjanjian kerja sama dengan Warner Music Group sementara mereka masih berdiskusi dengan dua label rekaman besar lainnya, yaitu Sony Music Entertainment dan Universal Music Group.

Selama bertahun-tahun, industri rekaman selalu mengkritik YouTube karena tidak memberikan bayaran yang besar untuk label dan para musisi meskipun video musik merupakan salah satu jenis video yang paling popular di platform video tersebut.

YouTube juga sering mendapatkan kritik tentang pendekatan mereka yang tidak ketat ketika pengguna mengunggah video yang melanggar hak cipta musik.