Perawatan Kulit Wajah Berdasarkan Jenisnya

Perawatan rutin setiap hari adalah cara efektif untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan awet muda. Namun, apakah selama ini Anda telah melakukan perawatan ini dengan cara yang benar?

Perawatan Kulit Wajah Berdasarkan Jenisnya

Menemukan cara merawat kulit yang tepat bisa dimulai dengan mengetahui jenis kulit wajah Anda. Ada empat kategori jenis kulit wajah, yaitu normal, kering, berminyak, dan kombinasi, seperti dilansir dari yourtango.com, Sabtu (7/4/2018). Setelah Anda mengetahui jenis kulit wajah yang dimiliki, berikut ini adalah cara merawat kulit wajah yang tepat.

Tips Membuat Kulit Wajah Terlihat Lebih Prima dengan 5 Langkah
1. Kulit normal

Jenis kulit normal berarti Anda terbebas dari kekeringan dan kelebihan minyak. Prioritas Anda adalah mempertahankan kadar kelembapan di kulit wajah dan memastikannya tetap terhidrasi.

Gunakan produk pembersih dan pelembap yang ringan, lakukan perawatan scrub sekali kali dalam seminggu, dan jangan pernah melewatkan tabir surya untuk menjaga kondisi kulit wajah.

2. Kulit kering
Kulit Cantik dan Kulit Indah
Ilustrasi Foto Kulit Cantik (iStockphoto)
Jenis kulit kering akan membuat wajah terasa kesat, terlalu kencang dan bersisik. Gunakan produk pembersih yang ringan, sehingga tidak akan mengelupas kelembapan kulit lebih lanjut, seperti serum yang bisa menghidrasi dan merevitalisasi kulit.

Selain itu, carilah produk pelembap yang kaya akan minyak shea dan gunakan tabir surya setiap hari. Hindari toner yang berbahan alkohol.

3. Kulit berminyak

Kulit berminyak mungkin membuat Anda merasa sedikit lengket dengan kilau yang konstan, khususnya daerah t-zone (dahi, hidung, dan dagu). Gunakan produk pembersih tanpa sabun, pelembap yang ringan, lakukan pengelupasan setiap beberapa kali dalam seminggu, dan gunakan tabir surya.

Banyak orang beranggapan bahwa kulit berminyak tidak perlu dilembapkan. Faktanya, Anda tetap perlu melembapkan kulit setiap saat.

4. Kulit kombinasi
Kulit Cantik dan Kulit Indah
Ilustrasi Foto Kulit Cantik (iStockphoto)
Kulit kombinasi berarti Anda memiliki keempat jenis kulit wajah di atas. Kulit kombinasi biasanya melibatkan akumulasi minyak di daerah t-zone dan beberapa daerah kering di area wajah tertentu.

Cobalah mencari produk pembersih yang lembut dan seimbang agar tidak mengeringkan dan mengiritasi kulit Anda, serum yang mampu menghidrasi area kering di wajah, pelembap yang ringan, serta bebas minyak, serta jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya.

Mungkin beberapa di antara Anda ada yang memiliki kulit sensitif, sedangkan kulit sensitif tidak memiliki definisi tertentu. Kulit wajah yang sensitif cenderung rentan terhadap ruam, jerawat, dan bercak-bercak.