Omelan Sang Ayah untuk Verstappen

Jos Verstappen ikut memberi komentar terkait insiden yang melibatkan anaknya, Max Verstappen, dengan Sebastian Vettel. Menurut sang ayah, Verstappen harus lebih banyak berpikir sebelum bertindak.

Max Verstappen menyeruduk ban kanan belakang Vettel pada saat ingin menyalip pembalap Ferrari tersebut di tikungan kedua Sirkuit Internasional Shanghai Tiongkok 15 April lalu. Ia mengaku bannya belakangnya sesaat terkunci saat melakukan pengereman.

Insiden tersebut menyebabkan mobil keduanya terpelintir dan berhenti sejenak. Meskipun masih dapat melanjutkan balapan, Vettel dikabarkan mengalami kerusakan yang membuatnya hanya finis di urutan kedelapan.

Sementara itu, Max Verstappen masih bisa merangsek ke depan dan menjadi driver keempat yang menyentuh garis finis. Akan tetapi, penalti sepuluh detik akibat insiden tersebut membuatnya turun ke posisi lima dan Lewis Hamilton naik ke atasnya.

Jos Verstappen yang merupakan mantan pembalap Formula 1 juga merasa anaknya bersalah atas insiden tersebut. Menurutnya, keadaan saat Max Verstappen akan menyalip Vettel dirasa tidak tepat.

“Meyalip Vettel saat itu tidak tepat, hampir tidak mungkin. Itu adalah kesalahan mengambil keputusan,” kata Jos Verstappen dikutip Motorsport, Selasa 17 April 2018.

“Dalam kondisi tertentu, Max harusnya berfikir lebih jauh. Dia harus lebih mengendalikannya (cara menyalip). Ia harus berpikir,” sambungnya.

Selain penalti sepuluh detik, Federasi Automobil Internasional juga menjatuhkan hukuman pengurangan poin kepada Max Verstappen. Pembalap asal Belanda yang kini berada di urutan kedelapan tersebut mendapat pengurangan dua poin.