Marquez Tidak Menghargai Pembalap Lain

Insiden senggolan Valentino Rossi dengan Marc Marquez di MotoGP Argentina, Minggu 8 April, menyedot perhatian sejumlah pihak. Pengamat MotoGP, James Toseland, bahkan menyebut Marquez tak punya rasa hormat kepada pembalap lain.

Marquez Tidak Menghargai Pembalap Lain

Insiden senggolan terjadi antara keduanya saat balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo tinggal menyisakan empat lap lagi. Rossi yang berada di posisi enam dipotong Marquez dari sisi dalam dan membuatnya kehilangan keseimbangan.

“Ada satu tikungan yang masih basah, dan itu adalah tikungan terakhir. Semua orang yang coba disalip Marquez, ia mencobanya di sana. Ia menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap pembalap lainnya,” ujar jelas mantan juara WSBK itu kepada BT Sport.

Senada dengan Toseland, legenda WSBK lainnya, Neil Hodgson dan Colin Edwards juga mengkritik Marquez. Pembalap asal Spanyol itu dinilai tampil arogan dan penuh amarah.

“Marquez memiliki keunggulan besar akhir pekan ini, hampir satu detik per putaran, dan karena itulah ia terlihat arogan,” Hodgson menambahkan.

“Anda menempatkan diri Anda sendiri dalam bahaya, dan juga pembalap yang Anda senggol, ini sangat tidak bisa dipercaya,” timpal Edwards.

Terjatuhnya Rossi di empat lap terakhir membuatnya harus puas finis di posisi 19. Sedangkan Marquez finis di atas Rossi di posisi 18 setelah mendapatkan ride-through penalty karena motornya mogok jelang start.