Mahasiswa Hanseo University Korea & UKDW Antusias Ikuti Joint Program

Sebanyak 13 mahasiswa Hanseo University, Korea, mengikuti joint program yang diselenggarakan Biro Kerjasama dan Relasi Publik (BIRO IV) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta.

Mahasiswa Hanseo University Korea & UKDW Antusias Ikuti Joint Program

Dua mahasiswa di antaranya, mengaku terkesan dengan kegiatan seminar dan terjun langsung menyelami kehidupan masyarakat di Desa Salamrejo, Sentolo, Kulon Progo. Di sana mereka didampingi mahasiswa UKDW melihat proses pembuatan barang kerajinan dan praktik bersama warga.

“Jika ada kesempatan, saya berharap bisa datang ke Indonesia lagi,” tutur Joo Ha-Hyon.

“Ini merupakan pertama kalinya saya datang ke Indonesia. Orang-orang di sini sangat ramah. Saya sangat tertarik dengan workshop yang diselenggarakan. Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan,” ucap Seo Woo-Jin.

Sementara itu, Kepala Desa Salamrejo, Dani Pristiawan, menjelaskan tentang salah satu potensi yang ada di daerah tersebut, yaitu kerajinan dari tanaman enau. Dia berharap dengan kegiatan tersebut bisa mempromosikan potensi yang ada di Salamrejo.

Untuk diketahui, kegiatan joint program diawali dengan dengan seminar yang mengangkat tema Global Leadership. Seminar yang berlangsung di Lecture Hall Rudi Budiman ini diikuti oleh sekitar 60 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan staf UKDW, serta rombongan dari Hanseo University.

Acara dibuka oleh Rektor UKDW, Henry Feriadi. Dia menyambut baik kedatangan mahasiswa Hanseo University serta berharap kerja sama yang telah terjalin antara UKDW dan Hanseo University semakin meningkat. Selain itu, joint program juga diharapkan bisa meningkakan wawasan mahasiswa mengenai leadership, dan memberikan pengalaman internasional mahasiswa.

Dalam seminar tersebut masing-masing universitas memilih tiga orang mahasiswa sebagai wakilnya untuk mempresentasikan ide dan pkamungan mereka terkait tema yang telah dipilih. Tiga mahasiswa yang menjadi wakil UKDW sebelumnya telah mengikuti program internasional, sehingga dalam kesempatan ini mereka bisa berbagi pengalaman yang diperoleh selama mengikuti program di luar negeri.