Huawei Luncurkan Smartphone Lipat Tahun Depan?

Layar nyaris tanpa bezel tengah menjadi tren desain yang digandrungi produsen smartphone sepanjang tahun 2017 ini. Layar tersebut pertama kali diusung oleh Samsung Galaxy S8, dan disusul oleh iPhone X dan sejumlah smartphone lainnya.

Popularitas desain layar tersebut dinilai Digital Trends akan memunculkan tren baru pada tahun 2018, yaitu smartphone lipat. ZTE menjadi produsen pertama yang mencoba menghadirkan tren ini ke pasar melalui smartphone Atom M, menggabungkan dua layar dengan engsel.

Huawei Luncurkan Smartphone Lipat Tahun Depan?

Perangkat yang tergolong menarik ini kemudian harus menghadapi kompetisi dari perangkat dengan penawaran harga lebih terjangkau, yaitu Axon 7. Melihat geliat ZTE, Huawei dikabarkan tidak ingin ketinggalan dan mengembangkan smartphone lipat yang akan diluncurkannya pada tahun 2018 mendatang.

CEO Consumer Business Group Huawei, Richard Yu menyebut bahwa perusahaan yang dipimpinnya telah memiliki prototipe penegmbangan, namun lebih menekankan kepada kebutuhan untuk desain dan inovasi yang lebih baik. Fitur tersebut dinilai lebih dari sekadar hal baru untuk penggemar teknologi.

Kehadiran fitur ini dinilai menjadi salah satu cara yang diharapkan Huawei untuk dapat mengalahkan kompetitor dan menjadikannya sebagai manufaktur smartphone terbesar di dunia. Sementara itu, Huawei bukanlah satu-satunya perusahaan yang berencana untuk merambah pasar smartphone lipat.

Sebelumnya Samsung juga dilaporkan berencana untuk meluncurkan smartphone berdesain dapat ditekuk pada tahun 2018 mendatang. Perangkat Samsung tersebut akan hadir dengan layar fleksibel tunggal, selaras dengan rumor terkait dengan ponsel lipat.