App Store di Iran Diblokir Apple

Pengguna iPhone di Iran menemukan bahwa mereka tak lagi dapat mengakses App Store. Tampaknya, toko aplikasi itu memang diblokir sepenuhnya di Iran, lapor Bleeping Computer.

App Store di Iran Diblokir Apple

Memang, Apple tak menjual ponsel atau membiarkan App Store diakses di Iran. Namun, masyarakat negara tersebut tetap dapat menggunakan produk Apple dengan mengimpornya dari negara lain serta mengakses App Store dengan mengakses bagian dari App Store di negara lain.

Tampaknya, Apple telah memblokir cara tersebut serta memastikan warga Iran tak lagi dapat mengakses App Store. Untuk melakukan itu, Apple memblokir semua trafik dari Iran yang mencoba mengakses App Store.

Seperti yang disebutkan oleh The Verge, masih belum diketahui mengapa Apple mendadak melakukan ini. Diduga, pemblokiran ini ada hubungannya dengan sanksi Amerika Serikat pada Iran. Apple tak membuat pernyataan resmi terkait hal ini serta mereka juga tak menjawab ketika diminta untuk berkomentar.

Jika pemblokiran ini permanen, para pemilih perangkat iOS di Iran akan harus menggunakan VPN (Virtual Private Network), membuat trafik mereka terlihat berasal dari negara lain, untuk dapat mengakses App Store. Hal ini akan membuat para pengguna iPhone serta iPad menjadi kesulitan untuk menggunakan produk Apple.

Ketika mencoba untuk mengakses App Store, para pengguna produk iOS yang ada di Iran akan mendapatkan pesan: “App Store tak tersedia di negara atau kawasan t4 kalian berada.”

Apple mulai menghapuskan aplikasi developer buatan Iran dari App Store tahun lalu. Pada Januari, mereka menghapus aplikasi yang mendukung transaksi untuk bisnis.

Pada Januari, mereka menghapus sejumlah aplikasi konsumen yang cukup populer, seperti layanan transportasi berbasis aplikasi atau aplikasi pengantar makanan.