Cara Alami untuk Mengatasi Bibir yang Menghitam

Cara Alami untuk Mengatasi Bibir yang Menghitam – Bibir bisa menghitam disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebiasaan hidup yang kurang sehat hingga karena mengonsumsi obat-obatan tertentu. Bibir yang menghitam termasuk ke dalam gangguan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi bisa terjadi karena banyak hal. Pertama karena paparan sinar matahari. dehidrasi, kebiasaan merokok, alergi terhadap lipstik atau pasta gigi, terlalu banyak mengonsumsi kafein, dan masih banyak lagi.

Selain itu, gangguan penyakit dan metode pengobatan tertentu juga bisa membuat bibir yang awalnya pink lembab menjadi kehitaman. Seperti kemoterapi, gangguan anemia, kekurangan vitamin, dan lain sebagainya. Untuk mencegah bibir makin hitam tentu saja Anda harus menghentikan kebiasaan harian yang menjadi faktor penyebab. Seperti berhenti merokok atau mengurangi asupan kopi dan teh dalam setiap harinya.

Sedangkan untuk mengatasi bibir yang sudah terlanjur berwarna kehitaman, Anda bisa melakukan menggunakan bahan alami berikut ini:

1. Lemon
kulit buah lemon berkhasiat menghambat melanin. Jadi untuk mencegah dan mengobati bibir yang berwarna kehitaman, tiap malam potonglah lemon dan usapkan sari buahnya ke permukaan bibir. Biarkan semalaman, baru paginya bilas bibir dengan air dingin. Lakukan terapi ini selama kurang lebih 30 hari lamanya. Atau Anda bisa pula menggunakan campuran lemon dan gula. Iris lemon, kemudian celupkan ke dalam gula pasir. Gosokkan permukaan lemon ke permukaan bibir, biarkan sari lemon dan gula melapisi bibir selama semalaman suntuk. Paginya, bilas dengan air hangat.

2. Kunyit
Menurut penelitian di tahun 2010, kunyit juga bisa menghambat melanin. Untuk mengembalikan warna bibir ke warna natural, campurkan 1 sendok makan susu segar dengan bubuk kunyit. Campur keduanya hingga menjadi pasta. Kemudian dengan menggunakan jari, oleskan pasta ke bibir dan biarkan selama 10 menitan. Bilas dengan air dingin, keringkan hingga sempurna, baru kemudian beri pelembab bibir.

3. Lidah buaya
Gel lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghambat hiperpigmentasi pada bibir. Caranya, belah lidah buaya, ambil gelnya dan usapkan ke seluruh permukaan bibir. Biarkan selama 10 menitan kemudian bilas dengan air hangat.

4. Minyak kelapa
Minyak kepala memiliki kandungan nutrisi tinggi. Untuk mengembalikan warna bibir, cukup celupkan jemari Anda ke minyak kelapa dan oleskan ke bibir atas dan bawah. Oleskan minyak kelapa sesering mungkin, terutama malam hari ketika Anda akan berangkat menuju mimpi.

5. Air mawar dan madu
Agar bibir kembali berwarna merah menggoda, ambillah air mawar juga madu. Campurkan keduanya hingga menyerupai pasta. Oleskan campuran keduanya ke bibir, lakukan tiga hingga empat kali dalam sehari. Oleskan pula air mawar dan madu sebelum Anda tidur malam.

6. Stroberi dan baking soda
Buatlah pasta dari campuran buah stroberi dan baking soda untuk menyehatkan dan memulihkan warna bibir. Ambil mangkuk, hancurkan stroberi dan campurkan dengan bubuk baking soda. Aduk hingga menyerupai pasta. Kemudian sebelum tidur oleskan pasta ke seluruh permukaan bibir. Biarkan semalaman baru paginya bilas menggunakan air dingin.

7. Gula
Gula pasir bisa menjadi bahan scrub yang bisa menyehatkan bibir. Campurkan 3 sendok makan gula dan 2 sendok makan butter. Gunakan pasta ini untuk memijat bibir selama lima menitan. Lakukan terapi ini dua hingga tiga kali dalam seminggu. Bahan-bahan di atas cukup efektif digunakan untuk memulihkan warna bibir yang kehitaman akibat kebiasaan merokok dan mengonsumsi kopi serta obat-obatan tertentu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *