Jorginho, Pengatur Serangan yang Tidak Tergantikan Buat Italia!

Jorginho, Pengatur Serangan yang Tidak Tergantikan Buat Italia! – Italia sedang menikmati momen-momen terbaiknya selama pagelaran Euro 2020 berlangsung. Itu bisa terjadi berkat salah satu pemain pentingnya, Jorginho. Pemain berusia 29 tahun tersebut dikenal sebagai gelandang pengatur serangan yang beroperasi lebih dekat dengan sektor pertahanan. Beberapa orang menyebut peran ini sebagai deep-lying playmaker. Gli Azzurri pernah memiliki sosok deep-lying playmaker yang pernah membawanya juara Piala Dunia di tahun 2006 lalu, yakni Andrea Pirlo. Sayang mereka tak bisa menggunakan jasanya lagi karena sudah pensiun sedari tahun 2017 lalu.

Untungnya, Italia tidak kehabisan talenta berbakat di sektor tengah. Sekarang, di bawah asuhan Roberto Mancini, Gli Azzurri bertumpu pada visi bermain Jorginho yang memainkan peran serupa dengan Pirlo. Jorginho membalas kepercayaan publik dengan menampilkan performa bagus. Dia nyaris tidak pernah berbuat kesalahan dalam mengedarkan bola serta penyambung antara garis belakang dan garis tengah. Penggawa Chelsea tersebut tidak pernah absen dalam enam pertandingan yang dilakoni Italia, mulai dari fase grup hingga babak semifinal, dan selalu tampil sebagai starter. Jorginho pun baru sekali digantikan, yakni ketika melawan Wales.

Catatan di atas menunjukkan betapa pentingnya Jorginho dalam skema terapan Roberto Mancini. Legenda Italia serta AC Milan, Massimo Ambrosini, mempertegas hal itu. “Jorginho tidak tergantikan. Di garis tengah, Italia punya pilihan yang sangat lebar dan berkualitas,” ujar Ambrosini. Dalam kesempatan yang sama, Ambrosini juga berterima kasih kepada Mancini. Mantan pelatih Zenit St Petersburg tersebut pantas disebut sebagai sosok penting di balik kebangkitan Gli Azzuri setelah tersingkir di babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

“Mancini harus mendapatkan ucapan terima kasih atas apa yang dia lakukan, kami harus memberinya pujian karena telah menciptakan tim yang kuat, berani dan punya kepribadian,” katanya. “Apa yang dia lakukan akan selalu dikenang terlepas dari hasil yang didapatkan di final, yang sudah pastinya kami harap akan menjadi pemanis di atas kue,” katanya. Italia akan menjalani pertandingan final Euro 2020 melawan Inggris di Wembley Stadium. Pertandingan tersebut digelar pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *