Daftar Daerah Berstatus Zona Merah, Ada di 7 Provinsi

Daftar Daerah Berstatus Zona Merah, Ada di 7 Provinsi – Daerah berstatus zona merah Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Dari sisi jumlah kasus, hingga saat ini, Indonesia telah mencatatkan 1.791.221 kasus virus corona sejak konfirmasi pertama pada Maret tahun lalu. Jumlah tersebut termasuk 5.034 kasus positif baru yang dilaporkan pada Rabu (26/5/2021). Selain itu, Indonesia juga melaporkan 144 kematian baru akibat Covid-19, sehingga total menjadi 49.771 orang. Jumlah kasus aktif yang mencapai 96.187. Angka ini merupakan salah satu yang tertinggi di Asia. Bulan Mematikan di India Banyaknya warga yang nekat mudik saat Lebaran beberapa waktu lalu disebut berpotensi akan menambah jumlah kasus Covid-19 di Indonesia.

Dalam satu pekan terakhir, data Satgas Penanganan Covid-19 menunjukkan, ada peningkatan daerah berstatus zona merah dari tujuh menjadi sepuluh daerah. Berikut daftar daerah berstatus zona merah Covid-19 di Indonesia, yang tersebar di 7 provinsi: Sumatera Utara Deli Serdang Sumatera Selatan Kota Palembang Sumatera Barat Agam Kota Payakumbuh Riau Indragiri Hulu Kota Pekanbaru Jawa Tengah Wonogiri Jawa Barat Kota Cirebon Jambi Tanjung Jabung Barat Kota Jambi Ada beberapa indikator yang digunakan untuk menetapkan status zona risiko ini, yakni epidemiologi, surveilans kesehatan serta pelayanan kesehatan.

PPKM Mikro di 34 Provinsi Pada Senin (24/5/2021), pemerintah mengumumkan rencananya untuk menerapkan Pemberalakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di 34 provinsi. PPKM di semua provinsi itu akan berlaku pada 1-14 Juni 2021. “Untuk PPKM mikro tahap selanjutnya 1 sampai 14 Juni mendatang,” kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Airlangga Hartarto usai rapat terbatas dengan Presiden dan sejumlah menteri di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (24/5/2021). Tercatat, ada 4 provinsi baru yang akan menerapkan PPKM mikro, yaitu Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi Barat. Airlangga menyebutkan, ditambahnya cakupan wilayah PPKM mikro karena adanya kenaikan kasus Covid-19.
“Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, mengalami kenaikan kasus aktif,” kata dia.

Selain 3 wilayah tersebut, terdapat 7 provinsi lainnya yang mengalami kenaikan kasus aktif yakni Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Selatan. Hingga 23 Mei 2021, angka kasus aktif Covid-19 mencapai 5,32 persen atau sedikit naik dibandingkan pekan sebelumnya. Tren kasus harian Covid-19 juga mengalami kenaikan dari yang semula di kisaran angka 3.800-4.000 kasus, kini menjadi 5.000 kasus per hari. Menurut Airlangga, Indonesia perlu mewaspadai potensi lonjakan kasus Covid-19 dalam 4-5 minggu ke depan. Dalam kurun waktu tersebut, ada kemungkinan terjadi kenaikan kasus virus corona akibat dampak dari libur Lebaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *