WhatsApp Mengeluarkan Kebijakan Privasi Baru dan Apa yang Terjadi jika Menolak

WhatsApp Mengeluarkan Kebijakan Privasi Baru dan Apa yang Terjadi jika Menolak – WhatshApp mengeluarkan kebijakan privasi baru yang akan mulai berlaku pada tanggal 15 Mei 2021. Notifikasi kebijakan baru dari WhatsApp telah menjadi perbincangan publik belakangan ini. Pasalnya, persetujuan kebijakan baru ini mengharuskan pengguna untuk menyetujuinya, jika tidak maka pengguna berisiko tak bisa lagi menggunakan WhatsApp setelah tanggal 15 Mei 2021. Sejumlah pengguna mengkhawatirkan, kebijakan privasi baru ini akan mempengaruhi keamanan data pengguna WhatsApp. Meski demikian, WhatsApp telah menyampaikan bantahannya terkait hal ini, di mana dia menyebut kebijakan baru ini tidak akan mempengaruhi bagaimana WhatsApp berbagi data dengan Facebook.

Selain itu WhatsApp menyampaikan dia selalu melindungi pesan penggunanya dan dia maupun Facebook tidak bisa melihat isi pesan tersebut. Lantas, bagaimanakah cara kita menyetujui kebijakan privasi baru WhatsApp tersebut? Untuk menyetujui kebijakan privasi, maka pengguna cukup melakukan klik ‘Setuju’ saat pop-up notifikasi muncul. Bagaimana jika pengguna terlanjur mengklik ‘tidak sekarang’ saat pop up kebijakan privasi baru muncul? Melansir dari TechNadu, setelah pengguna memutuskan tidak menerima kebijakan privasi baru, maka WhatsApp akan memunculkan “pengingat permanen” yang meminta pengguna menyetujuinya.

Apabila pengguna mendapatkan pemberitahuan ini maka untuk menyetujuinya klik ‘Tap to review’ saat WhatsApp memunculkan pemberitahuan kebijakan privasi baru itu pada layanan WhatsApp pengguna. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan informasi terkait kebijakan privasi, lalu klik ‘continue’. Terakhir klik ‘Accept’ pada notifikasi terkait informasi mengenai apa saja hal baru pada kebijakan privasi baru WhatsApp. Adapun jika notifikasi persetujuan kebijakan baru tersebut tidak muncul, maka pengguna dapat mencoba menghapus dulu aplikasi WhatsAppnya kemudian melakukan download ulang.

Setelahnya lakukan login dengan akun WhatsApp lama, nantinya akan muncul notifikasi kebijakan baru WhatsApp. Pastikan untuk menyetujui kebijakan baru tersebut. Dalam blog resminya WhatsApp menyebutkan jika pengguna tidak menerima persetujuan pembaruan hingga 15 Mei 2021, WhatsApp tidak akan menghapus akun pengguna. Namun, pengguna tidak bisa mendapatkan seluruh fungsi yang ada pada aplikasi WhatsApp. Pengguna bisa menerima panggilan dan notifikasi namun dia tidak bisa membaca maupun mengirim pesan WhatsApp.

Pengguna bisa Kembali mendapatkan fungsionalitas WhatsApp hingga menyatakan menerima pembaruan kebijakan. “Anda masih dapat menerima pembaruan ini setelah tanggal 15 Mei 2021,” tulis WhatsApp. Namun, hal tersebut akan berlangsung selama beberapa waktu. Jika setelah 120 hari tidak melakukan persetujuan, maka akun tidak akan aktif dan akan dihapus oleh WhatsApp. “Untuk menjaga keamanan, membatasi retensi data, dan melindungi privasi pengguna kami, akun WhatsApp akan dihapus setelah tidak aktif selama 120 hari. Tidak aktif berarti pengguna belum terhubung ke WhatsApp,” tulis WhatsApp dalam pernyataan terpisah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *