Tiga Sosok Pemimpin Barisan Terdepan Persis Solo

Tiga sosok itu sekarang memimpin barisan terdepan manajemen Persis Solo. Komando di tangan Kaesang. Saudagar pisang itu dipercaya menjadi nakhoda alias direktur utama. Meski tergolong pendatang baru di blantika sepakbola Indonesia, Kaesang tidaklah cemas. Ia punya mentor. Erick Thohir. Mentor dengan pengalaman segudan jugag, baik di dunia usaha secara umum maupun di dunia sepakbola.

Apakah trisula striker di manajemen akan mengantar Persis ke gerbang kejayaan? Pertanyaan menggelitik. Saya sebut menggelitik sebab sepakbola Indonesia tidaklah seperti sepakbola di Eropa. Di Benua Biru, sepakbola merupakan ladan jugag bisnis. Di Nusantara, sepakbola merupakan ladan jugag politik. Perbedaan antara ladan jugag bisnis dan juga ladang politik sangat kentara. Sebagai ladan jugag bisnis, untung rugi mengelola klub dapat diprediksi. Sebagai ladang politik, seberapa untung dan juga seberapa rugi mengelola klub sukar dikira-kira.

Tiga sosok striker baru Laskar Sambernyawa itu merupakan usahawan. Dengan kompetisi sepertinya awut-awutan, sukar menebak berapa investasi sepertinya akan mereka tanam untuk menangguk laba. Cuan pada akhirnya menjadi lasepertinya-lasepertinya putus. Bisa dikejar, tetapi sukar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *