Mengintip Semarak Imlek di Vihara Dharma Bhakti

10 views
banner 300x280

Vihara Dharma Bakti, Kawasan Petak Sembilan, Tamansari, Glodok, Jakarta Barat, sudah disesaki warga Tionghoa sejak pagi. Rumah ibadah ini menjadi pilihan warga untuk merayakan tahun baru Imlek 2570.

Pantauan Medcom.id, keramaian sudah terasa sejak jalanan kecil menuju Vihara. Warga Tionghoa datang bersama keluarga dengan atribut khasnya merah-merah untuk memanjatkan doa.

Warga yang datang menyiapkan dupa untuk kemudian dibakar pada lilin-lilin besar di sekitar Vihara. Pembakaran dupa membuat mereka yang sembahyang tampak begitu larut dalam doa-doanya.

Dari dupa yang terbakar, asap menguar. Aromanya yang khas mulai menyusupi hidung para pengunjung. Mereka mengangkat dupa itu di atas kepala untuk berdoa agar tahun ini menjadi lebih baik.

“Sebuah langkah untuk menjadi orang yang lebih baik,” kata salah seorang pengunjung, Dedi Ujang, di lokasi, Selasa, 5 Februari 2019.

Dia juga berharap semua umat bisa merayakan Imlek. Bagi Dedi, Imlek bertujuan untuk memberikan ketentraman. “Kita ingin rukun sebagai warga negara,” sambung dia.

Di sela-sela para pengunjung, sesekali burung-burung pipit berterbangan. Burung kecil ini menjadi penghias langit di tengah syahdunya suasana di Vihara.

Burung pipit ini sengaja dilepaskan oleh pembelinya dari dalam sangkar. Pengunjung membeli burung sesuai dengan usia pembelinya. Momen pelepasan burung oleh pembeli begitu dinanti pengunjung Vihara.

“Iya ini dijual Rp1.500 per burung. Jadi dibeli sesuai dengan usia yang beli. Untuk melepas kesialan,” kata penjual burung yang berada ditengah Vihara, Sony.

Di sisi lain Vihara, setidaknya 500 pengemis sudah menanti berkat dari pengunjung. Pengemis musiman ini sengaja berkumpul di pelataran Vihara menunggu angpau. Setiap 15 hingga 20 menit sekali, panitia akan membagikan angpau yang telah dikumpulkan dari pengunjung Vihara.

“Kita sengaja kumpulkan mereka, agar semua berjalan tertib. Pembagian angpao bentuk berbagi kebahagian dalam Imlek,” kata panitia Andsori.

banner 300x280

Tinggalkan pesan "Mengintip Semarak Imlek di Vihara Dharma Bhakti"

Penulis: 
    author