Apple Sempat Tarik Izin Aplikasi Internal Google

7 views
banner 300x280

Apple memblokir Google mendistribusikan aplikasi iOS khusus internal setelah mereka diketahui menyalahgunakan sertifikat enterprise dari Apple.

“Kami bekerja sama dengan Apple untuk memperbaiki gangguan pada sebagian aplikasi iOS korporat kami, yang kami perkirakan, akan diselesaikan dalam waktu dekat,” kata juru bicara Google. Juru bicara Apple mengungkap hal yang sama.

“Kami bekerja sama dengan Google untuk memulihkan sertifikat enterprise mereka dengan cepat,” kata juru bicara Apple.

Pada 31 Januari, pukul 7 malam Pacific Time — atau 1 Februari, pukul 10 pagi WIB — Apple telah memulihkan Enterprise Certificate milik Google sehingga aplikasi internal mereka bisa bekerja. Hal ini dikonfirmasi oleh TechCrunch.

Ketika Apple mencabut Enterprise Certificate Google, perusahaan pencarian itu kehilangan akses atas berbagai aplikasi iOS versi khusus karyawan, seperti versi pengujian dari YouTube, Gmail, dan Calendar.

Selain itu, mereka juga tidak bisa mengakses aplikasi makanan dan transportasi mereka. Hal ini menyebabkan menurunnya produktivitas pekerja Google.

Google dilaporkan bahwa mereka menggunakan sertifikat dari Apple — yang seharusnya hanya bisa digunakan oleh pegawai Google — pada ponsel konsumen agar mereka bisa memasang aplikasi pengumpul data. Aplikasi yang bernama Screenwise itu melanggar peraturan Apple.

Aplikasi itu didesain untuk mengumpulkan data pengguna iPhone untuk penelitian. Namun, aplikasi itu memerlukan sertifikat khusus yang memungkinkan perusahaan untuk mengacuhkan App Store.

Google kemudian meminta maaf, mengatakan bahwa mereka tidak seharusnya menyalahgunakan sertifikat enterprise Apple.

banner 300x280

Tinggalkan pesan "Apple Sempat Tarik Izin Aplikasi Internal Google"

Penulis: 
    author