Wabah DBD Serang Sulut

7 views
banner 300x280

Wabah demam berdarah dengue (DBD) akhir-akhir ini mulai merebak di sejumlah daerah di Sulawesi Utara. Data Dinas Kesehatan Sulut, sepanjang Januari 2019 ini, ada 264 kasus DBD yang tersebar di berbagai wilayah di Sulut.

Menyikapi itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey pun mengeluarkan Surat Edaran Gerakan Serentak Penanggulangan DBD yang ditujukan kepada seluruh bupati dan wali kota. Dalam surat dengan Nomor 433.1/19.148/Sekr-Dinkes tersebut menjelaskan soal penanganan dan pencegahan bahaya DBD.

“Pemerintah daerah di kabupaten dan kota kiranya dapat menggalakan kegiatan bersih-bersih lingkungan secara rutin. Langkah ini sangat penting untuk memberantas perkembangbiakan nyamuk DBD,” kata Olly, Jumat, 11 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?Happy Inspire Confuse Sad

Menurut Olly, dalam mencegah bahaya DBD, pengasapan atau fogging tidak harus rutin dilakukan. Sebab, fogging kurang efektif lantaran hanya mampu membunuh nyamuk dewasa, tidak jentiknya. “Pencegahan penyakit bukan lewat fogging tetapi kebersihan lingkungan. Menghilangkan jentik nyamuk akan lebih mudah dalam pencegahan DBD,” ujarnya.

Olly pun menginstruksikan kepada bupati dan wali kota untuk menyosialisasikan secara massal upaya antisipasi menyebarnya virus DBD.

“Ini harus menjadi perhatian bupati dan wali kota untuk dapat mendorong wilayahnya baik desa dan kelurahan agar dapat menggalakan penanggulangan DBD dengan menjaga kebersihan lingkungan,” tandasnya.

banner 300x280