2019, Peran Guru Semakin Strategis

8 views
banner 300x280

Mulai 2019 pemerintah akan memperkuat pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) secara besar-besaran. Termasuk di antaranya menggeser fokus program, strategi pembangunan, termasuk program unggulan dari infrastruktur menjadi penguatan SDM.

“Kualitas SDM di semua jenis profesi serta kualitas SDM di usia dini dan remaja harus kita tingkatkan secara signifikan,” kata Presiden Joko Widodo saat Puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu 1 Desember 2018.

Jokowi menegaskan, SDM Indonesia harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dalam dunia dan perkembangan teknologi yang begitu cepat berubah saat ini. Seiring dengan hal tersebut, maka peran guru akan semakin sentral, semakin utama, dan semakin strategis.

“Guru harus menjadi agen-agen transformasi penguatan SDM kita, menjadi agen-agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa,” ujarnya.

Untuk diketahui, HGN tahun ini mengangkat tema Meningkatkan Profesionalisme Guru untuk Menuju Pendidikan Abad 21.

Tema ini sangat relevan, di tengah dinamika dunia yang sedang berubah sangat cepat. Digitalisasi juga turut membawa perubahan besar-besaran di dunia pendidikan.

“Kini ruang kelas bukan satu-satunya tempat belajar. Dunia virtual adalah kampus kita,” imbuh Presiden.

Era disrupsi teknologi ini, sambung Jokowi, telah membawa perubahan pada bagaimana masyarakat mengakses informasi. Sehingga penting bagi guru untuk terus meningkatkan kompetensinya agar sesuai dengan perkembangan zaman.

“Google juga sudah menjadi perpustakaan kita. Wikipedia juga menjadi ensiklopedi kita. Kindle, buku elektronik, juga menjadi buku pelajaran kita. Inilah yang harus kita waspadai dan masih banyak media digital lainnya,” sebut mantan wali kota Solo ini.

banner 300x280