Kalahkan Batas, Indonesia Raih Prestasi Membanggakan di Asian Para Games

16 views
banner 300x280

KETERBATASAN fisik bukan penghalang untuk meraih prestasi. Kalimat inilah yang terus tertanam dalam diri atlet-atlet yang berjuang di pentas Asian Para Games 2018, Jakarta. Alih-alih terpuruk dengan kondisinya, mereka justru berjuang mengalahkan keterbatasan demi mengharumkan nama bangsa.

Selama kurang lebih satu minggu penyelenggaraan Asian Para Games (6-13 Oktober 2018), kita disuguhkan oleh aksi-aksi yang menginspirasi oleh para atlet disabilitas Indonesia. Kerja keras mereka pun berbuah hasil maksimal.

Jangan Anggap Sepele, Ayah Berperan Penting dalam Keberhasilan Menyusui
Target 16 besar dan finis di posisi tujuh besar yang dicanangkan pemerintah pun berhasil dilewati. Bahkan, target tersebut sudah terlampaui saat Asian Para Games baru menginjak hari keempat, Rabu 13 Oktober. Saat itu, Indonesia sudah mengoleksi 23 medali emas.

Makin membanggakan karena di akhir kompetisi, atlet-atlet disabilitas Indonesia sukses mempersembahkan medali emas dua kali lebih banyak dari yang ditargetkan. Indonesia mengakhiri Asian Para Games 2018 di posisi lima klasemen dengan koleksi 37 medali emas, 47 perak, dan 51 perunggu.

Cabang olahraga Catur menjadi lumbung emas Indonesia di Asian Para Games 2018. Atlet-atlet catur Indonesia nyaris meraih hasil sempurna seperti atlet pencak silat yang menyapu bersih 14 medali emas di pentas Asian Games. Dari total 12 medali emas yang diperebutkan, atlet-atlet Indonesia sukses meraih 11 medali emas lewat nomor catur tradisional dan catur cepat.

Tati Karhati menjadi salah satu atlet catur yang paling banyak meraih medali emas. Ia sukses menggondol empat medali, di mana tiga di antaranya adalah medali emas.

Selain Tati, atlet-atlet dari cabor lain juga sukses membawa #IndonesiaKalahkanBatas. Syuci Indriani dari cabor renang dan David Jacobs (tenis meja), Sapto Yogo Purnomo (Atletik), hingga Hary Susanto (bulu tangkis) sukses menyumbangkan dua medali emas.

Prestasi ini tentu sangat membanggakan. Apresiasi besar pun dilontarkan Menpora Imam Nahrawi. Ia secara khusus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada atlet-atlet disabilitas Indonesia yang telah mengalahkan batas. Juga kepada seluruh ofisial tim hingga masyarakat Indonesia yang memberikan dukungan langsung ke venue-venue pertandingan.

“Raihan ini adalah sejarah baru bagi Indonesia. Kita harus berbangga atas prestasi luar biasa ini,” ujar Menpora usai menyaksikan langsung pertandingan atletik di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sesuai janjinya, Menpora sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah telah menyiapkan bonus sama dengan atlet-atlet yang sebelumnya berjuang di Asian Games.

Atlet-atlet peraih medali emas yang turun di nomor perorangan, akan diganjar Rp1,5 miliar untuk satu keping emas. Sementara peraih medali perak dan perunggu masing-masing akan menerima Rp500 juta dan Rp250 juta.

Sementara, untuk tim ganda, bonus atlet peraih medali emas sebesar Rp1 miliar, medali perak Rp400 juta, dan medali perunggu Rp200 juta. Untuk tim regu, peraih medali emas akan diberikan bonus Rp750 juta, medali perak Rp300 juta, dan medali perunggu Rp150 juta.

“Bonus berupa uang akan diberikan sebelum keringat mereka kering. Rencananya akan diberikan langsung oleh Bapak Presiden (Joko Widodo) sebelum penutupan,” ujar Menpora dalam keterangan tertulis yang diterima medcom.id, Jumat, 12 Oktober 2018.

Dukungan penuh ini menjadi bukti keseriusan pemerintah untuk mengapresiasi perjuangan para atlet. Hal itu juga menjadi semangat yang dibawa oleh OBH Combi dalam mendukung atlet-atlet Indonesia yang berjuang mengalahkan batasan yang mereka miliki.

banner 300x280

Tinggalkan pesan "Kalahkan Batas, Indonesia Raih Prestasi Membanggakan di Asian Para Games"

Penulis: 
    author