Pemerintah Diminta untuk Mempermudah Birokrasi Bantuan Asing

3 views
banner 300x280

Anggota Komisi III DPR RI Romahurmuzy meminta pemerintah tak mempersulit birokrasi bantuan asing ke Palu dan Donggala. Hal itu diungkapkan setelah ada bantuan asing yang ditolak masuk Bandara di Palu.

Pemerintah Diminta untuk Mempermudah Birokrasi Bantuan Asing

“Maka semestinya semua birokrasi itu dilonggarkan termasuk karena presiden juga sudah menyerukan penerimaan bantuan internasional kepada Bu Menlu,” kata Romi sapaan karibnya di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Oktober 2018.

Ia meminta bantuan-bantuan asing khususnya bantuan berupa fisik yang diperlukan pengungsi tak dipersulit. Dalam kondisi darurat saat ini birokrasi agak dilonggarkan terutama untuk logistik.

Penanganan tanggap darurat kemungkinan masih berlangsung. Penemuan korban-korban terus bertambah. Persediaan stok bahan makanan untuk pengungsi pun terbatas.

“Maka kita longgarkan birokrasi kita ke depan dan mengedepankan kepentingan keselamatan saurada-saudara kita yang di sana,” pungkasnya.

Gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter mengguncang wilayah Donggala pada Jumat 28 September. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat mengeluarkan peringatan tsunami. Gelombang air setinggi 1,5 hingga 3 meter menghantam Palu.

Jumlah korban jiwa akibat bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, bertambah menjadi 1.234 orang.

banner 300x280

Tinggalkan pesan "Pemerintah Diminta untuk Mempermudah Birokrasi Bantuan Asing"

Penulis: 
    author