Saat Terjadi Bencana Alam Twitter Dapat Diandalkan

5 views
banner 300x280

Selain dari berita media lokal maupun media nasional, masyarakat saat ini juga kerap memanfaatkan media sosial seperti Twitter untuk memantau kondisi lokasi terjadinya bencana alam.

Saat Terjadi Bencana Alam Twitter Dapat Diandalkan

Twitter dikenal sebagai salah satu media sosial yang menyajikan informasi secara langsung atau real-time sehingga menjadi salah satu acuan untuk memantau momen yang ramai dibicarakan masyarakat dan netizen.

Beberapa waktu lalu Twitter membagikan informasi untuk mengoptimalkan media sosial tersebut terkait terjadinya bencana alam di Indonesia belakagan ini. Berikut adalah tips cara memanfaatkan Twitter.

1. Pantau dari sumber terpercaya
Kini hampir banyak sekali organisasi resmi maupun media resmi yang menyediakan akun media sosial Twitter untuk memudahkan penggunanya mengikuti informasi yang mereka umumkan.

Pengguna Twitter bisa mengikuti akun Twitter milik organisasi resmi dan media resmi yang fokus membahas atau melakukan gerakan bantuan sembari memantau kondisi di lokasi bencana alam.

2. Manfaatkan tagar
Tagar akronim dari tanda pagar adalah cara mudah untuk menemukan informasi atau diskusi dengan topik yang sama di Twitter. Tagar kerap digunakan oleh organisasi dan media resmi untuk memberikan perkembangan informasi bagi pengikutnya.

Misalnya, mengikuti tagar #gempapalu, #gempadonggala,dan sejenisnya. Tentu saja ada baiknya Anda sebagai pengguna juga memanfaatkan tagar dengan tepat, misalnya tidak mengunggah sesuatu yang tidak sesuai dengan tagar yang digunakan.

3. Twitter Lite, lebih ringan dan cepat
Twitter juga hadir dalam aplikasi yang lebih ringan yakni Twitter Lite. Aplikasi ini menyediakan ukuran file yang lebih kecil dan tampilan lebih sederhana sehingga lebih ringan, hemat data, lebih cepat diakses dengan kondisi internet yang kurang bagus.

Jadi Twitter Lite bisa dimanfaatkan di lokasi yang diterpa bencana alam yang mungkin kualitas layanan komunikasinya tengah lumpuh atau kurang optimal. Pengguna tetap bisa memberikan update perkembangan kondisi di lapangan ke media sosial.

4. Hubungi pihak atau pusat bantuan via Twitter
Fungsi media sosial yang semakin penting turut disadari oleh organisasi dan media resmi, pihak ini kemudian menggunakan media sosial untuk merespon setiap komunikasi yang terjalin dengan penggunanya.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pengguna Twitter untuk melaporkan kondisi atau meminta bantuan kepada pihak terkait sehingga proses komunikasi tetap terjalin dengan cepat.

5.Gunakan Twitter Moments
Twitter juga memiliki fitur Twitter Moments yakni kumpulan Tweet yang sudah dikurasi terkait topik tertentu yang terjadi di Twitter. Fitur ini membantu menampilkan topik terkini yang populer dan relevan, sehingga Anda dapat menemukan apa yang sedang berlangsung di Twitter dengan cepat.

Ada baiknya Twitter Moments dibuat secara kronologis dengan mengikutsertakan Tweet yang relevan, yang nantinya dapat berfungsi sebagai referensi. Segera perbarui Twitter Moments dengan Tweet terbaru dan informasi penting saat terjadi perubahan terkait isu atau topik yang sedang terjadi.

banner 300x280

Tinggalkan pesan "Saat Terjadi Bencana Alam Twitter Dapat Diandalkan"

Penulis: 
    author