Meninjau Pelatnas Paralayang, Menpora Bahas Soal Doping

11 views
banner 300x280

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi kembali meninjau pelatihan nasional (pelatnas) jelang Asian Games 2018. Kali ini, Menpora meninjau pelatnas cabang olahraga (cabor) paralayang di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 26 Juli 2018.

Meninjau Pelatnas Paralayang, Menpora Bahas Soal Doping

Setibanya di lokasi, Menpora Imam langsung berdialog dengan para atlet paralayang untuk mengetahui permasalahan yang dialami. Salah satu masalahnya mengenai doping.

Salah satu atlet menjelaskan kepada Imam bahwa atlet paralayang kerap mengonsumsi obat flu dan sebagainya. Alasannya, para atlet sering tinggal dan latihan di suhu yang dingin.

Mereka khawatir obat yang mereka konsumsi tersebut tidak sesuai kriteria Lembaga Anti Doping sehingga dinilai mengandung doping dan diberi sanksi. Hal ini tentunya akan merugikan saat bertanding.

“Kita takutnya kena doping, Pak. Kita mesti tahu (seperti apa kriteria obat yang mengandung doping),” ujar Elisa Manueke, salah satu atlet paralayang.

Menanggapi pertanyaan Elisa, Imam langsung menelepon Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) Zaini Kadhafi Saragih untuk segera menurunkan tim menemui para atlet paralayang di kawasan Puncak, Bogor. LADI berjanji akan menemui para atlet pada Sabtu, 27 Juli 2018.

Nantinya tim LADI akan memeriksa obat yang dikonsumsi oleh atlet apakah mengandung doping atau tidak. Para atlet juga akan diberi edukasi mengenai obat yang mengandung doping dan yang tidak.

“Ini sangat penting untuk diketahui oleh atlet semua cabang olahraga,” ujar Imam.

Selain soal doping, atlet juga mengeluhkan penanganan dokter karena dinilai kurang maksimal. “Dokter belum memeriksa hasil MRI kami,” kata salah satu atlet.

Terkait masalah ini, Imam juga telah menelepon pihak rumah sakit yang bersangkutan untuk segera menindaklanjutinya, paling lambat malam ini. Menurutnya, cedera atlet tidak bisa dibiarkan. “Begini cara saya untuk menyelesaikan masalah,” ucap Imam, tegas.

banner 300x280

Tinggalkan pesan "Meninjau Pelatnas Paralayang, Menpora Bahas Soal Doping"

Penulis: 
    author