Facebook Memeperketat Peraturan Mengenai Hoaks

10 views
banner 300x280

Facebook berkata bahwa mereka akan memperketat peraturan terkait penyebaran berita palsu.

Facebook Memeperketat Peraturan Mengenai Hoaks

Pada hari Rabu, media sosial tersebut mengatakan bahwa mereka akan mulai menghapus informasi salah yang dibuat dengan tujuan untuk menyebabkan kekerasan di dunia nyata, termasuk unggahan tertulis dan juga gambar yang dimanipulasi.

Saat ini, Facebook hanya melarang konten yang secara eksplit mengajak pembaca melakukan tindakan kekerasan. Peraturan baru ini memberikan kuasa pada Facebook menghapus berita palsu yang berpotensi mendorong terjadinya kekerasan, menurut laporan CNET.

Facebook akan bekerja sama dengan organisasi lokal untuk membantu mereka menentukan unggahan apa yang masuk ke dalam kategori tersebut.

Jika mereka tidak bisa menentukan apakah sebuah unggahan berpotensi menimbulkan keributan dengan bantuan satu organisasi, mereka mungkin akan meminta bantuan organisasi lain.

“Ada informasi salah yang berkontribusi pada kekerasan di dunia nyata dan kami membuat perubahan pada peraturan sehingga kami akan bisa menghapus konten seperti itu,” kata juru bicara Facebook.

“Kami akan mulai mengimplementasikan perubahan ini dalam waktu beberapa bulan ke depan.”

Facebook dituduh telah mendorong terjadinya kekacauan di beberapa negara seperti Myanmar, Sri Lanka dan India. Selain itu, Facebook juga mendapatkan kritik keras terkait cara mereka menanggulangi informasi palsu.

Minggu lalu, Facebook mengungkap bahwa mereka tidak akan memblokir InfoWars, situs sayap kanan yang dikenal sering menyebarkan teori konspirasi.

banner 300x280

Tinggalkan pesan "Facebook Memeperketat Peraturan Mengenai Hoaks"

Penulis: 
    author