Tenaga Guru Sangat Dibutuhkan DiProvinsi Daerah Indonesia

28 views
banner 300x280

Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mengalami kekurangan tenaga guru, terutama di daerah terluar seperti Kecamatan Pulau Hiri, Pulau Moti dan Pulau Batang Dua.

Tenaga Guru Sangat Dibutuhkan DiProvinsi Daerah Indonesia

“Kami meminta kepada Pemkot Ternate agar bisa mencari solusi, karena selama ini di ketiga daerah itu masih mengalami kekurangan tenaga guru,” kata pemerhati pendidikan di Ternate, M Ikbal Salam di Ternate seperti dikutip dari Antara, Kamis, 12 Juli 2018.

Untuk memaksimalkan pelayanan aktivitas belajar mengajar di sekolah yang berada di kecamatan terluar dari Pulau Ternate tersebut, Pemkot harus mencari jalan keluarnya. Di antaranya menempatkan tenaga guru di sekolah yang ada di daerah itu.

Dari ketiga daerah tersebut, selalu muncul masalah. Karena setiap sekolah yang ada memiliki keterbatasan tenaga guru, sehingga dikhawatirkan akan mengganggu anak-anak yang mengikuti proses belajar.

Sementara Walikota Ternate, Burhan Abdurahman mengaku, sudah menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan Kebudayaan setempat untuk segera melakukan verifikasi jumlah guru yang ada di Ternate, Jika ada sekolah yang kelebihan guru, maka harus dipindahkan ke sekolah yang mengalami kekurangan tenaga guru, terutama di tiga kecamatan terluar tersebut.

Ia menyebutkan bahwa tidak alasan bagi guru yang sudah tersertifikasi menolak jika dilakukan mutasi. “Karena yang namanya Aparatur Sipil Negara (ASN) harus siap ditempatkan di mana saja,” tegas Burhan.

Saat ini banyak guru yang tertumpuk di Ternate, sementara di luar Pulau Ternate mengalami kekurangan guru. Oleh karena itu, harus dilakukan verifikasi agar bisa diketahui berapa peta kebutuhan guru.

Namun jika masih ada sekolah yang mengalami kekurangan guru, maka solusinya harus dibuka
penerimaan guru honorer untuk bisa mengisi kekosongan guru tersebut.

banner 300x280

Tinggalkan pesan "Tenaga Guru Sangat Dibutuhkan DiProvinsi Daerah Indonesia"

Penulis: 
    author